Jumat, 29 April 2011

Strategi menurunkan berat badan alami

Bagi penderita obesitas atau kegemukan, menurunkan berat badan alami merupakan suatu impian. Walaupun tidak mudah dalam menurunkan berat badan alami, namun mereka harus berjuang demi mendapatkan berat badan ideal.. Pada prinsipnya jika Anda ingin menurunkan berat badan alami, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain :
1. Diet atau pengaturan makanan
2. Melakukan olahraga secara rutin
3. Menggunakan produk-produk pelangsing
4. Menjalani akupunktur
5. Pembedahan
6. Psikoterapi
Poin 1 dan 2 merupakan cara menurunkan berat badan alami karena tidak menimbulkan efek samping. Selain itu juga cara menurunkan berat badan alami pada poin 1 dan 2 merupakan cara umum yang lazim dilakukan kebanyakan orang yang paling murah dan efektif.
Berikut ini penjelasan poin 1 dan 2 untuk menurunkan berat badan alami Anda.
1. Diet atau pengaturan makanan
Secara teori diet atau pengaturan makanan merupakan salah satu strategi menurunkan berat badan alami dengan cara mengurangi jumlah kalori yang masuk sehingga kelebihan lemak di dalam tubuh dapat digunakan (teroksidasi menjadi kalori/energi). Namun pada prakteknya, banyak orang seringkali mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan tidak ada perhitungan yang jelas antara jumlah kalori yang masuk dengan jumlah kalori yang keluar.
Ada beberapa jenis diet yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan berat badan alami, antara lain :
a. Diet setengah puasa
Diet setengah puasa bertujuan untuk memberikan makanan cukup protein agar tidak terjadi gangguan keseimbangan nitrogen. Diet ini cocok bagi Anda yang akan menjalani program menurunkan berat badan alami secara perlahan dalam beberapa bulan ke depan. Pada diet ini Anda hanya diperkenankan mengkonsumsi makanan sekitar 400-800 kalori dengan komposisi tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak.
Pada dasarnya diet ini hanya boleh dilakukan dengan pengawasan dokter atau saat dirawat di rumah sakit. Namun Anda dapat mencobanya di rumah jika mengerti betul perhitungan kalori dan kandungan gizi makanan. Diet ini juga memberikan keuntungan tersendiri, yaitu Anda akan dilatih secara perlahan menjalankan diet sehingga pada akhirnya Anda akan terbiasa.
b. Diet puasa
Berbeda dengan diet setengah puasa, diet puasa merupakan program menurunkan berat badan alami dengan cara menahan rasa lapar selama beberapa jam dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak. Pada diet puasa ini Anda disarankan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar tubuh tetap tercukupi kebutuhan gizinya.
2. Melakukan olahraga secara rutin
Biasanya penderita kegemukan malas melakukan aktivitas olahraga. Hal ini disebabkan bobot badan yang berat membuat seseorang susah untuk bergerak, apalagi melakukan olahraga. Di samping itu, kesibukan sehari-hari yang padat turut menambah kemalasan penderita kegemukan melakukan olahraga.
Padahal olahraga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan alami yang aman dan efektif. Selain itu, olahraga secara teratur dapat bermanfaat menguatkan otot dan tulang, melancarkan aliran darah, memperlancar kerja organ tubuh, mengencangkan kulit, menurunkan kadar kolestrol darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi depresi.
Ada beberapa jenis olahraga yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan berat badan alami, yaitu : berjalan kaki, lari pagi, aerobik, berenang dan bersepeda. Jenis olahraga tersebut tentunya mudah Anda lakukan setiap hari. Misal lari pagi setelah bangun pagi. Selain badan segar, jumlah kalori yang Anda keluarkan sekitar 280 kalori jika Anda lari selama 1 jam. Andapun dapat mengubah kebiasaan berkendara sepeda motor ketika berangkat kerja dengan sepeda. Selama 1 jam Anda telah membakar kalori sekitar 300 kalori.
Tentunya dengan semakin aktif gaya hidup Anda, semakin banyak jumlah kalori yang dikeluarkan dan akan semakin cepat pula menurunkan berat badan alami. Oleh karena itu, mulai sekarang ubahlah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup yang aktif. Gaya hidup aktif merupakan pola hidup yang aktif dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sebagai contoh Anda melakukan jalan kaki atau bersepeda ketika bepergian untuk jarak dekat, memilih naik tangga daripada menggunakan lift, mencuci sendiri kendaraan Anda, dan lain-lain. Dengan cara ini, Anda akan tidak terasa bahwa Anda sedang menurunkan berat badan alami.
Dari penjelasan ke-2 poin diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk menurunkan berat badan alami Anda harus mengkombinasikan antara program diet dengan aktivitas olahraga. Anda harus rutin dan teratur melakukannya setiap hari agar hasil yang Anda idam-idamkan menurunkan berat badan alami dapat terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar