Sabtu, 07 Mei 2011

TRIK GROSIRAN 1

Sekedar sharing gan

Sekedar sharing mumpung bidangnya sama.

Gini gan....
Gua juga punya toko kelontong omset perhari rata2 30 - 50jt.

Kunci sukses dagang kayak kita

1. Supplier yang bagus
>>> barang khan jual khan kudu ada yg supply. Kalo supplier nya mahal,

gimana kita bisa jual murah. Tekor dunk!!!!
Jgn cmn mengandalkan 1 supplier kalo bisa. Soalnya kadang supplier A

gak selalu lebih murah dari supplier B.

2. Margin profit jangan tinggi2
>>> Margin profit gw rata2 cmn 3 persen, bahkan ada item yg cmn ambil 1

persen aja ( cmn sebulan bs muter 10x = 10 persen ). Tapi barang

yang lakunya lama gw embat 5 - 10 persen.

3. Berani adu layanan ama saingan agan.
Harga boleh sama tapi layanan bedakan dunk. Senyum dikit gpp tho. Khan

ga bayar. hehehehe

4. Distribusi yg bagus
>>>> 50 persen dari usaha gw disumbang oleh pengiriman. Emang

sepertinya kalo kita kirim barang kayaknya malah makan bensin ya. Tapi

kalo kita bisa atur supaya dalam satu kali kirim bisa langsung bbrp

pelanggan, bensinnya kalah jauh ama profit nya gan.

5. Modal CC
>>>> Jangan takut main ama cara CC yang agan2 senior sebutin

sebelumnya. Asal patuhi aturan main. kalo gak malah ancoorrrr. Ga

nutut profit kita utk nutupin bunga CC kalo telat.

6. Modal Bank
>>> Kalo mau pake bank. Urus semua nya dulu. mulai dari bentuk usaha (

ane saranin CV aja ,,,,murah ) NPWP, TDP, plus yang paling vital

REKENING BANK!!!!

selalu berusaha untuk masukin income toko ke rekening sebelum agan

pakai / dikeluarin lagi.


gambarannya gini nih :

hasil toko >>>>masuk rekening >>>> baru belanja lagi >>> hasil toko

lagi >>>>masuk rekening lagi gituuuuuuuuuu en gitu terusssssssssss.


7. Modernisasi / Komputerisasi
Jangan takut beli software untuk bantu usaha. Saya pake yang custom

tapi ane pernah nyoba Retail manager ( dari ruangkerja.com) programnya

lite and very friendly. Kalo udah gede bisa uprgade ke yang PRO.
Tentang cara membedakan harga kalo pembeli beli satu harga 1000 beli 10

diskon harga 9000, itu gampang banget. Udah tinggal setting sesuai agan

aja.

8. STOK TURN OVER
Kalo agan dikasih hutang ama boss agan, jgn sampai berlebihan.
Misal agan dihutangin jangka waktu seminggu. Kemampuan agan utk

ngeluarin barang tersebut 1ton dalam seminggu. Maka agan jangan ambil

terlalu banyak. Cukup 1 ton 150kg MAX!!! ( hitungan rata2 kurang lebih

sehari 150kg ) yang 150 kg buat buffer stok. Atau stok cadangan.

9. Kudu Fokus ama usaha
Selalu buka mata buka telinga tentang harga2 yang berkembang di

pasaran. Jangan sampai telat ngerubah harga. Kalo harga pasaran tinggi

agan masih jual rendah, bisa2 agan diborong and kalo beli lagi tekor.

Begitu juga kalo harga rendah, agan masih jual harga tinggi bisa2 agan

gak laku karena di cap mahal.

10. Jangan lupa berdoa dan berusaha dan berdoa lagi.
Rejeki gak jauh dari usaha dan doa agan.


GUD LAK

Menurut agan2 semua hal apa sih yg dibutuhin konsumen agar mau belanja ke t4 kita selain faktor harga?
Soalnya klo minimarket baru kan belum nemu suplier yg bener2 murah?
Jd mungkin harga blm terlalu bersaing/sama dengan warung.
sebelum bahas apa yg dibutuhin konsumen agan harus berani promo dulu, mengenalkan toko agan ke calon pelanggan.,
apalagi sekarang persaingan ritel udah , tpt klo dtmpt agan minimarket baru 1 berarti masih terbuka lebar peluang.,
bisa pake flyer dan jangan lupa undang2 waktu opening.,

nah setelah orang2 tau disitu ada toko agan, agan baru gaet hati mereka,
nomer satu jelas harga gan,ritel harga murah disitu dicari.,sebelum buka ada baiknya hunting supplier cek harga juga di grosir.,karena terkadang harga di grosir lebih murah daripada sales. (dulu ane sampe foto2 harga di grosir n minimarket sebelah , bikin list supplier jg, bs tanya ke mbah google alamat distributor terdekat daerah agan). mungkin waktu pertama buka agan beli digrosiran.,tp klo dah ada "wujudnya" nanti sales jg datang sendiri..

nomer dua pelayanan, service yang memuaskan bisa buat pelengkap masalah harga..harga sama tp pelayanan lebih baik kita, pelanggan bs pindah ketempat kita.,apalagi sekarang bukan jamannya lagi perang harga tp juga perang pelayanan.(liat aja minimarket2 modern yg sekarang menjamur, sebenarnya mereka ga menang harga..tp konsumen nyaman klo belanja disana).,klo punya ane krn sasaran utama mahasiswa ane kasih tempat nongkrong n minicafe di depannya.,biar anak2 betah ditempat ane.,toko kliatan rame juga menarik minat konsumen lain.,klo untuk yg sibuk ane kasih service free delivery untuk jangkauan tertentu (jadi kita bisa incar konsumen berjalan dan konsumen pelanggan).ane jg ada fasilitas kartu belanja dimana member dapat berbagai fasilitas lebih seperti poin dan reward. yang jelas bertani inovasi buat kasih service ke pelanggan.

mungkin menurut ane cuma 2 itu yang utama, tp klo ada mastah2 ritel disini silahkan nambahin.,

dan tambahan gan, diritel tuh margin tipis gan dan harus update harga "lapak sebelah", hrs jaga pelanggan. dan terakhir siap2 "paceklik" di awal buka (karena kita jual kebutuhan primer dan semua orang dah punya toko langganan, jd diawal ibaratnya kita seperti "naksir pacar orang biar mau selingkuh ke kita" hehe ")

lapak ane dimari gan

grosir spt lo**e mart, in***arco, tp memang ga semua item,krn mereka biasanya jg ada promo.,klo ane mana yag murah ane ambil.,(bahkan pernah dulu waktu ada promo minyak goreng di care**ur, bi*oli lbh murah 2rb,dengan max belanja 2pcs/pelanggan ane kerahkan masa kesana n bolak balik kasir.,sampe dipelototin satpam, aneh bener nih orang belanja cm minyak goreng bolak balik pula.,akhirnya 1 rak habis sama komplotan ane )

intinya pasang antena tinggi2 biar bs pantau harga.

kakak saya sering ambil produk dari l**te mart n biasanya produk2 dari w***s food,mereka kadang bikin program sendiri sehingga bisa lebih murah dari sales pabrik.sampai2 toko grosir sekitar tempat kakak saya bingung kok kakak saya bisa jual lebih murah dari yang mereka dapet dari sales resmi sehingga kakak saya dapet julukan "si perusak pasar"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar