Sabtu, 07 Mei 2011

TRIK GROSIRAN 2

Mengembangkan usaha toko kelontong █│DISKUSI│█

Dear para entrepreneurship muda kaskus,

Langsung aja deh, sorry gw pake bahasa kaskus aja ya biar gampang dimengerti.

ane dan keluarga mempunyai usaha toko kelontong kecil. Alhamdulillah sudah berjalan lancar walaupun masih apa adanya.
Toko ane melayani penjualan barang² kebutuhan sehari hari dan rumah tangga. Toko ane masih di kelola secara tradisional. Omzet perhari sekitar Rp. 500.000 - Rp. 1.000.000.
Perlu juragan ketahui daerah ane masuk daerah pariwisata. Dalam radius 150m kanan kiri saya berdiri juga 6 usaha yang sama (milik orang lain).
hehehehe... sorry gan kalo ane ajak juragan sekalian masuk untuk ikut membayangkan usaha ane

masalah :
  • 6 usaha lain memang buka hambatan besar, menurut ane gan. Karena dengan begitu berarti pasar sudah terbentuk disana . Cuman yang perlu ane ketahui dan pelajari dari sini adalah bagaimana cara mencuri (istilah kasarnya) konsumen mereka . Tapi bukan untuk menjatuhkan lho...
  • Ane pengen bener ngebesarin toko ane gan. Dimulai dari modal.
  • Manajemen. Karena masih di kelola secara tradisonal, ane pengen mengubahnya menjadi sedikit modern biar lebih efisien.

Sementara 3 masalah itu aja.
 JAWAB :
  1. nunut sharing kali aja berguna..tp bkn sbg pemilik, cuma diberi kepercayaan utk jd pengurus kopkar di tempat kerja sy, kebetulan ada unit waserdanya..

    klo sy pikir2, yg terpenting adl konsumen yg loyal aka langganan, krn di sekitar perush juga banyak warung2 sejenis, dan sy mencatat ada bbrp hal yg bisa dilakuin utk dapetin konsumen yg loyal ini, yaitu:

    yg penting turn-over
    sy lebih milih bisa jual 10 brg/mggu dgn untung 100/brg drpd laku 1 brg/mggu wlopun untungnya 1000/brg. mas bisa aja milih jual 1 brg/mggu dgn untung 1000/brg, tp jgn hrp mas bisa dpt langganan, krn konsumen yg pernah bli tdk akan kembali lagi. klo mas milih yg terakhir ini, bagusnya jualan di tempat yg orgnya tdk menetap ky di terminal/stasiun/tempat wisata dll. tp klo yg mas inginkan adl pelanggan, mau nggak mau ya kasih harga yg kompetitif.

    harga yg kompetitif
    sy nggak gitu ngerti bgmn klo di tretes, cuma krn tempat kerja sy ada di tempat terpencil di pojokan kalimantan, sy ambil brg cepet laku dan brg yg ringan2 langsung dr di sby, smtr klo yg lambat laku dan brg yg berat2 spt aqua dan sembako, sy ambil di lokalan, bjm ato blp biar nggak makan transport.

    kulakan ngutang ato kontan
    ati2 dlm menentukan sistem bayarnya klo mo kulakan. namanya org dagang, biarpun murah dan bisa ngutang, tetep aja ganti rugi utangnya diitung. gampangnya, mas cari tau harga cash-nya brp trs klo bayarnya pake ngutang 30 hr brp, klo selisihnya nggak signifikan, ambil. tp klo terlalu jauh, akan berat di harga jual kembali. klo ada kartu kredit, mas bisa gunakan dgn cara ambil dulu di awal bln dan langsung dibayar di akhir, jgn sampe kena bunga.

    brg yg slu ready
    jangan sampe kehilangan peluang gara2 mas nggak punya brg yg dicari org. makanya sering2 tanya ke tetangga, teman, kira2 brg apa yg sering dicari dan hrs tersedia di warung, ya semacam surve kecil2an gitu.

    bayar sukur, ngutang ya monggo
    bolehkan konsumen ngutang, tp jangan sampe ngganggu cashflow warung, yg penting mas tau utang tsb akan terbayar, sebisa mungkin < dr 1 bln udh terbayar. jgn pernah bedain harga klo konsumen utang utk jangka pendek, ntar mas dianggep terlalu perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar