Kamis, 05 Mei 2011

5 Langkah Mengetahui Sumber Produk Minimarket

DE BISNIS: Bagi pemilik Toko atau Mini Market, sumber produk yang di jual adalah rahasia tersendiri. Sementara bagi orang yang ingin memulai bisnis ini sangat memerlukan informasi ini. Namun jangan kawatir kali ini saya akan memberikan 5 langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui sumber produk-produk yang akan Anda jual di dalam mini market nanti.

Supaya bisa dikatakan sebagai toko atau mini market, tentu saja harus ada produk atau barang di dalam sebuah bangunan tersebut. Akan tetapi bagi orang yang baru memulai bisnis ini, tidak gampang untuk mengetahui sumber-sumber barang tersebut. Para pelaku bisnis ini menempatkannya sebagai rahasia tersendiri.
Secara umum bisa aja dikatakan ‘ya..dari agent atau penyalur donk!’ Akan tetapi coba Anda bertanya lagi dimana alamat agen-agen tersebut ? Bingung alias tidak tahu kan! Apa lagi tidak ada orang yang akan memberi daftar para agen lengkap dengan alamatnya plus nomor telponnya untuk Anda.
Berkisah mengenai hal ini saya ingat pengalaman yang pernah saya alami.
Sekitar tahun 2003, saya telah “terusir” dari kios dalam rumah sakit yang selama itu menjadi saksi bisu kegiatan usaha. Belum sempat berpamitan dengan baik-baik, datang si “boss’ meminta kunci kios tersebut. Rupanya mereka ingin cepat-cepat memanfaatkan peluang yang selama ini saya nikmati. Dengan rasa senang saya berikan kunci tersebut.
Tidak berselang lama, datang si “boss ke 2” meminta alamat para penyalur lengkap dengan nomor telephone-nya. Maka dengan senang hati saya menjawab…”Maaf! kalau yang satu ini tidak bisa saya berikan. Silahkan Anda berjuang mencari sendiri!”
Pengalaman saya, untuk bisa mendapatkan sumber produk tersebut saya harus melakukan 5 langkah seperti ini:
  1. Mengingat, bahkan mencatat dalam daftar panjang nama-nama teman-sahabat-relasi saya selama ini. Setelah itu barulah saya memilah daftar tersebut berdasarkan pekerjaan atau aktifitas mereka. Tanpa saya sadari dapatkan beberapa orang yang pernah dan sedang bergelut dengan dunia marketing / sales. Mereka-mereka itulah yang menjadi sumber informasi saya.
  2. Mencoba memanfaatkan buku telpon atau yellow pages kata orang. Sebenarnya buku tersebut lumayan lengkap karena telah dikelompok-kan nomor telephone berdasarkan jenis bisnis yang sedang berlangsung di daerah tersebut.
  3. Mendatangi pusat-pusat perbelanjaan. Ada dua tempat besar yang pernah saya datang yakni Mall dan Pasar tradisional. Sebenarnya disini berkumpul berbagai agen atau penyalur barang. Anda bisa perhatikan mobil-mobil pengantar barang yang berjejer di sekitar lokasi tersebut. Anda bisa mendatangi mereka satu persatu untuk menanyakan jenis barang dan alamat mereka masing2.
  4. Mendatangi lokasi pergudangan. Rata-rata peraturan daerah sekarang mengatur tentang lokasi penyimpanan barang alias gudang. Jadi kebanyakan para agen atau penyalur barang berkumpul di suatu lokasi yang di sebut pergudangan.
  5. Memanfaatkan sales. Cara ini cocok bagi Anda yang telah berhasil membuka toko atau mini marketnya. Tentu saja akan mendapatkan sumber barang dengan gampang melalui para tenaga penjualan yang mendatang toko. Bisa ditanyakan sumber barang-barang tertentu. Dan mereka biasanya kalau bukan barang kompetitor akan berusaha menghubungkan kita dengan penyalur yang terkait.
Okey, tentunya sakarang Anda tidak perlu bingung tentang, dari mana barang-barang-nya karena cukup melakukan bertanya kepada rekan yang bergerak dibidang marketing sejenis, memanfaatkan buku telpon, mendatang pusat-pusat perbelanjaan, mendatang lokasi pergudangan, terak hir manfaatkan tenaga sales yang mendatangi toko anda.
Jadi sebenarnya banyak cara  untuk bisa mengetahui sumber barang-barang yang akan di jual di toko atau mini market Anda nantinya. Salah banyak-nya yang saya ungkapkan melalui 5 langkah mengetahui Sumber Produk Mini Market ini.
Mungkin anda masih punya teknik lain ?
Selamat mencari tahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar