Kamis, 05 Mei 2011

Alasan Mendirikan Minimarket

Dalam melakukan segala sesuatu pasti ada alasan yang mendorong atau memotivasi. Demikian pula kalau ingin terjun di bisnis mini market, kita harus memiliki sebuah alasan yang tepat dan jelas, kenapa mau mendirikan bisnis mini market. Meskipun kita sudah melakukan persiapan awal akan terasa kurang kekuatan yang ada apa bila hal ini dilupakan.
Dulu ketika saya memulai berbisnis toko, terus terang tidak pernah terpikir akan satu hal ini. Yang penting saya ingin memperoleh jalur khusus dimana tidak perlu lagi terganggu oleh perintah orang lain sebagaimana layaknya bekerja pada orang lain.
Tapi kini setelah menelaah ternyata ada beberapa alasan yang cukup layak untuk mempertimbangkan bisnis mini market sebagai salah satu pilihan.
  • Liquiditas bisnis sangat bagus. Bisnis ini merambah end user dengan perputaran uang cash yang tinggi.  Dengan kondisi tersebut tentu saja harapan hidup bisnis akan lebih terjamin karena akan selalu dibutuhkan kehadirannya oleh konsumen serta di dukung kondisi keuangan yang sehat tentunya.
  • Margin keuntungan yang sangat bisa diharapkan berkisar antara 7-15 persen dari omzet. Bayangkan dengan return yang kita peroleh dari bank-bank konvensional sekarang ini. Apa yang bisa diharapkan dengan 3% atau 5% setahun, ditambah dengan minimal saldo yang mengikat.
Dalam praktek sehari-hari saya bisa meraup keuntungan 9% dari omzet penjualan. Meski demikian saya punya keyakinan bahwa bisnis ini bisa memberikan tingkat keuntungan berkisar antara 7% sampai dengan 15% dari penjualan.
Bukan sebuah rahasia lagi kalau dua faktor tersebut diatas sering menjadi motor penggerak seseorang melakukan bisnisnya. Dengan mengetahui tingkat liquiditas sebuah bisnis, maka seseorang bisa memprediksi kelangsungan hidup bisnis yang akan dilakukannya.
Meski saya tempatkan sebagai faktor kedua, namun sebenarnya kemampuan sebuah bisnis mendatangkan profit sering menjadi alasan pertama seseorang. Berapa untungnya? Besar nggak hasilnya? itulah pertanyaan yang sering terlontar dari mulut kita kalau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan bisnis. Lumrah and normal adanya. Jadi sangat penting diketahui tingkat margin keuntungan yang bisa dipetik dari bisnis yang akan dilakukan.
Untuk bisa tetap eksis suatu bisnis harus bisa mendatangkan keuntungan. Jadi sebelum melakukan atau terjun di bidang tersebut tanyakanlah kemampuan bisnis tersebut dalam menghasilkan profit bagi kita. Minimal break event point-lah baruhlah memikirkan ada kemungkinan over tidak.
Masing-masing orang bisa memiliki alasan yang berbagai macam sehingga berbeda-beda pendapat. Semua toh kembali kepada situasi dan kondisi pada saat ingin action. Akan tetapi saya sangat menggaris bawahi bahwa tingkat liquiditas dan kemampuan sebuah bisnis mendatangkan keuntungan sangat penting untuk dipertimbangkan lebih awal sebelum melaksanakan sebuah rencana bisnis terutama dalam keinginan mendirikan mini market.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar