Sabtu, 30 Oktober 2010

( VIDEO LUCU TERPENDEK CUMA 4 DETIK ) BAHKAN SUDAH MELIHATNYA 100 X PUN ANDA AKAN TETAP TERTAWA

di jamin ketawa ngakak gan..










Jumat, 29 Oktober 2010

NASA Menemukan Tempat Tinggal Alien


http://hario18.files.wordpress.com/2008/10/alien.jpg
Makhluk Alien yang dikenal melalui film tergambar sosok yang mengerikan bentuknya walau mirip manusia tapi banyak keunikan. Ternyata makhluk tersebut menurut NASA benar benar ada bahkan terdapat sekitar 400 planet sebagai tempat tinggalnya.
 
Penemuan ini secara tak sengaja ketika pesawat luar angkasa Kepler, NASA mencari planet mirip bumi tapi malah menemukan sekitar 400 bintang yang diduga sebagai tempat tinggal Alien diantara 156 ribu bintang.

Penemuan ini diumumkan oleh NASA sebagai hasil bagian penelusuran ruang angkasa selama 43 hari oleh tim peneliti Kepler.

http://diezx.files.wordpress.com/2009/03/alien300.jpg

Pesawat Kepler memonitor bintang untuk melihat terjadinya perubahan cahaya dan mengindikasikan keberadaan planet milik Alien yang melewati bumi.
“Ini merupakan data paling berharga, terpanjang dan terbesar mengenai set fotometri bintang,” ujar David Koch, wakil penyelidik utama misi dari Ames Research Center, NASA, di Moffett Field, California, seperti dikutip Yahoo News.

David juga mensinyalir bahwa penemuan ini akan terus berkembang semakin mendekati kebenaran.

http://4.bp.blogspot.com/_VlSsZUk2Kxo/SjFE4r9i1jI/AAAAAAAAAJE/oUSqCASBufc/s400/grey_alien.jpg

Dengan mengukur penurunan cahaya bintang saat planet melintas atau transit di depan mereka, astronom dapat mengurangi jumlah planet itu sendiri.

Berdasarkan data tersebut, astronom telah menemukan lebih dari 400 planet yang mungkin didiami oleh alien di sekitar bintang dalam sistem tata surya. Ini termasuk enam penemuan baru oleh pengamat asal Prancis yang telah diumumkan di awal minggu ini.

sumber :http://amazing.okabasi.com


Read more: wisben.com on blogger: NASA Menemukan Tempat Tinggal Alien
Hancurkan Lemak Perut yang Terdalam
Jumat, 29/10/2010 | 12:47 WIB
KOMPAS.com — Perut Anda sulit untuk jadi langsing? Hal ini karena latihan yang Anda lakukan tidak menyasar otot perut Anda yang terdalam, atau yang disebut sebagai transversus abdominis (TVA).
Tidak seperti otot-otot pusat lainnya, posisi TVA horizontal dan membungkus sekitar perut Anda seperti sebuah korset dan mampu memperbaiki postur Anda sehingga tampak lebih langsing. Tetapi, kebanyakan latihan perut tidak melibatkan TVA karena otot ini memang terkubur di bawah otot-otot tubuh depan dan samping, dan keberadaannya tidak begitu terasa. Anda baru bisa merasakannya mengejang ketika Anda bersin, misalnya.
Nah, menurut penelitian dari Auburn University, gerakan yang menstabilkan bagian tengah tubuh Anda ini (seperti plank) menjadi 34 persen lebih efektif karena menargetkan TVA daripada gerakan lama seperti crunch atau sit-up. Oleh karena itu, dalam sesi latihan yang menyasar TVA ini, Anda tidak akan menemukan gerakan sit-up sama sekali.
Bila melakukan latihan dengan target TVA ini, Anda akan menurunkan berat lemak sebanyak 0,45 kg dalam seminggu (tanpa diet). Ditambah dengan mengubah pola makan Anda, maka dalam empat hari ukuran baju Anda bisa turun 1 nomor. Lengkapi gerakan ini dengan latihan pembakaran lemak dengan interval training.  Latihan kardio yang dilakukan terus-menerus dengan variasi gerakan, akan membakar lemak perut lebih cepat daripada latihan aerobik biasa.
Berikut adalah gerakan TVA yang didesain oleh Paul Frediani, master trainer di pusat kebugaran Jewish Community Center di New York City, dan penulis buku Power Sculpt for Women.
Peralatan yang dibutuhkan: Stability ball, matras, dan ikat pinggang dari kain (seperti pada kimono atau jubah mandi Anda)
3 hari dalam seminggu: Lakukan Tummy-Tuck tiga hari dalam seminggu (namun tidak berturut-turut), dimulai dengan 2 set dan 10 repetisi setiap setnya.
3 hari bergantian: Ikuti aktivitas pada Belly-Blasting Intervals dengan memilih sendiri latihan kardio yang Anda inginkan.
Bagian 1, Gerakan Tummy-Tuck. Mulailah setiap sesi latihan dengan mengunci perut atau disebut Ab Vacuum, yang akan menghangatkan TVA Anda sehingga Anda akan benar-benar mampu melakukan gerakan berikutnya.
Ab Vacuum
Lingkarkan ikat pinggang di pinggang setinggi pusar, biarkan ujung ikat pinggang menjuntai. Berlututlah selebar pinggul, dengan tangan di lantai dengan posisi di bawah pundak, punggung dalam posisi datar. Ambil napas dalam-dalam, lalu megarkan perut sehingga menekan ikat pinggang. Buang napas, tarik pusar Anda ke arah tulang belakang (sehingga ikat pinggang melonggar), tahan selama 5-10 detik. Ulangi 5 sampai 10 kali.
Core Pulse
Gerakan utamanya adalah berbaring dengan lengan di sisi tubuh Anda, kaki dijulurkan. Kunci perut, lalu angkat kepala, pundak, punggung atas, dan lengan Anda sekitar 10 cm dari lantai. Tarik napas sambil mengangkat lengan ke atas dan ke bawah setinggi 2,5 sampai 5 cm dalam hitungan 5 detik. Gerakan ini merupakan 1 ulangan.
Agar lebih mudah: Lakukan gerakan ini dengan lutut ditekuk hingga 90 derajat. Lebih sulit bila: Rendahkan kedua kaki, lalu kunci perut Anda. Semakin dekat kaki Anda ke lantai (tanpa melengkungkan punggung), semakin menantang gerakannya.
Elevated Plank
Letakkan lengan bawah ke stability ball dengan kedua tangan mengatup, lalu julurkan kaki lurus ke belakang, bertumpu pada jari-jari kaki. Buang napas, tarik perut ke arah tulang punggung, tahan selama 30-60 detik. Punggung dan tubuh tetap dalam garis lurus. Beristirahatlah selama 30 detik, lalu ulangi gerakan tadi. Lakukan 3 kali.
Agar lebih mudah: Lakukan gerakan plank tanpa stability ball. Lebih sulit bila: Dengan gerakan plank di atas bola, tarik kaki Anda ke arah dada sebanyak 10 kali untuk setiap kaki.
Double Reach
Berbaring sambil memeluk lutut ke arah dada, kepala dan pundak diangkat. Buang napas, tarik perut Anda, lalu julurkan kaki ke atas dalam sudut 45 derajat sambil menggerakkan lengan ke belakang kepala. Tarik nafas, lalu tarik lutut dan lengan kembali ke posisi semula.
Agar lebih mudah: Biarkan lutut tetap menekuk saat Anda menjulurkan kaki ke depan. Lebih sulit bila: Rendahkan posisi kaki hingga berjarak 5-7,5 cm dari lantai.
Core Lunge
Berdiri dengan salah satu kaki menjulur ke belakang, kaki kiri sekitar 90 cm di depan kaki kanan. Pegang stability ball setinggi dada, lengan dijulurkan. Tarik napas, kunci perut Anda, lalu dengan perlahan merendah dengan kedua lutut ditekuk sekitar 90 derajat. Jaga agar lutut depan lebih maju dari jari kaki. Buang napas, lalu perlahan berdiri lagi dan angkat bola ke atas kepala dengan lengan lurus ke atas. Ulangi dengan merendahkan bola saat Anda dalam posisi lunge (merendah).
Agar lebih mudah: Lakukan gerakan ini tanpa membawa bola. Lebih sulit bila: Dari posisi lunge dimana lutut menekuk, berputarlah ke kiri, ke kanan, ke depan, dan ke belakang, lalu kembali ke depan dalam 1 ulangan.
Toe Dip
Berbaring dengan kaki di atas pinggul, lutut menekuk 90 derajat. Buang nafas, tarik perut Anda, lalu perlahan turunkan satu kaki hampir menyentuh lantai, gunakan perut untuk menahan agar punggung tidak melengkung. Kembali ke posisi semula, lalu ganti dengan kaki yang lain.
Agar lebih mudah: Letakkan satu kaki ke lantai, lalu angkat dan rendahkan satu kaki bergantian. Lebih sulit bila: Rapatkan kedua kaki, lalu rendahkan kedua kaki secara simultan.
Ball Balance
Berbaringlah di atas bola (posisi bola di bawah perut), tangan dan kaki menempel di lantai. Buang napas dan tarik perut untuk menstabilkan keseimbangan Anda, lalu angkat lengan kanan ke depan dan kaki kiri terjulur ke belakang. Bernapas secara normal, dan tahan selama 10 detik. Gunakan otot-otot perut dan punggung untuk menjaga agar bola tidak bergoyang-goyang dan tubuh tetap dalam posisi lurus, lalu turunkan tangan dan kaki. Ulangi dengan kaki dan tangan yang lain, lakukan 5 kali untuk setiap sisi.
Agar lebih mudah: Angka lengan hanya dalam 5 repetisi, lalu ulangi dengan kaki yang lain. Ganti dengan kaki dan kaki yang lain, dan ulangi gerakannya. Lebih sulit bila: Tahan posisi tangan dan kaki yang terangkat, lalu buat gerakan membentuk huruf-huruf dengan tangan. Ulangi dengan tangan dan kaki yang lain.
Gerakan 2, Belly-Blasting Intervals
Perempuan yang melakukan interval training (latihan kardio dengan gerakan yang berbeda-beda) selama 20 menit saja, akan kehilangan 1,3 kg lemak perutnya dalam 15 minggu. Latihan ini bisa dilakukan tanpa alat, dan bisa dilakukan di mana saja. Anda juga bisa berganti-ganti latihan kardio sesuai selera Anda, misalnya jalan kaki, jogging, berenang, aerobik, atau bersepeda. Aktivitas apapun yang Anda pilih, fokuslah pada tahap menarik otot perut ke dalam (atau ke arah tulang punggung) untuk menyasar lemak perut Anda.


Sumber: Prevention

Rabu, 27 Oktober 2010

Foto Jenazah Mbah Maridjan

Foto Jenazah Mbah Maridjan




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5728958

Bisnis Perlengkapan Bayi Pakaian Mini, Keuntungan Maksi

Bisnis Perlengkapan Bayi Pakaian Mini, Keuntungan Maksi

Selasa, 02/03/2010 09:00 WIB - Rachmadhani Fitriastuti

Sekalipun  Solo belum bisa disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya, namun jika dilihat dari sisi bisnis tidaklah kalah. Solo bisa disebut sebagai salah satu pusat bisnis di Indonesia, khususnya di bidang garmen. Keberadaan Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo (PGS) menunjukkan betapa dinamisnya bisnis garmen di Solo ini.
Bisa dikatakan batik menjadi bisnis garmen yang paling menonjol. Namun di luar itu bertumbuhan bisnis  garmen lainnya, bisnis perlengkapan bayi juga makin menggairahkan. Meskipun yang diproduksi adalah benda-benda berukuran mini namun dapat menghasilkan keuntungan yang maksi.
Salah satu pengusaha yang sudah menggeluti bisnis ini adalah Retno Setyawati (56). Pemilik toko Sumber Jaya ini sudah mulai menjalankan usaha perlengkapan bayi sejak tahun 2000 silam. Retno mengaku berbagai kemudahan dan keuntungan dari bisnis ini membuat ia tertarik untuk menggelutinya.
“Saya sudah berjualan sejak tahun 1972, tapi untuk pakaian-pakaian dewasa. Mulai tahun 2000, setelah persaingan semakin ketat saya baru mulai fokus untuk berjualan perlengkapan bayi dan ternyata hasilnya lebih menguntungkan,” tutur Retno saat ditemui Joglosemar, Senin (1/3).
Menurut Retno, keuntungan berbisnis perlengkapan bayi adalah barang-barang yang mereka jual merupakan kebutuhan utama para bayi yang harus dipenuhi. Jika orang dewasa masih bisa menunda keinginannya untuk membeli baju baru, maka tidak demikian halnya dengan para bayi.
Apalagi jika sang bayi adalah anak pertama, di mana sebelumnya sang orang tua belum memiliki perlengkap bayi sama sekali. “Mungkin kalau orang dewasa kepingin beli baju baru masih bisa ditahan atau ditunda dulu apalagi kalau masih ada baju yang lama. Tapi kalau untuk bayi mau tidak mau harus beli, apalagi mereka juga masih tumbuh terus dan ukuran baju selalu berubah,” papar wanita yang membuka tokonya di Jalan Rajiman 23 Solo ini.
Tidak hanya itu, banyaknya perlengkapan yang dibutuhkan seorang bayi, mau tidak mau membuat sang orang tua mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memenuhinya. Sehingga sekalipun mereka terhitung sebagai konsumen biasa, tetapi jika dilihat dari nominal uang belanja sudah selayaknya orang yang sedang kulakan.
Jumlah Besar
Dijelaskan Retno, untuk sekali pembelian seseorang bisa menghabiskan dana hingga ratusan ribu rupiah. Biasanya mereka membeli lengkap mulai dari popok, gurita, baju dan celana bayi, bedong, kaos kaki dan kaos tangan, perlak hingga bantal. Mereka pun langsung membelinya dalam jumlah banyak khususnya untuk perlengkapan pakaiannya.
“Itulah enaknya ada satu pembeli saja belinya langsung banyak, ya seperti pedagang lagi kulakan lah. Beda kan sama baju dewasa yang dibelinya paling satu dua saja,” ujar Retno disela-sela kesibukannya melayani pembeli.
Pendapat senada juga disampaikan Andiarta Wijaya (19) yang baru selama empat tahun terakhir membuka toko perlengkapan bayi di Pusat Grosir Solo (PGS). Dikatakannya, rata-rata pembeli bisa menghabiskan antara Rp 250.000 sampai Rp 500.000 untuk membeli perlengkapan bayi.
“Sekalipun mereka bukan pedagang, tapi rata-rata ambil banyak sekalian. Selain karena faktor kebutuhan juga karena harga grosir lebih murah, selisihnya antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Soalnya buat pembeli Solo, harga memang menjadi hal yang utama,” terang pemilik toko Aneka Busana ini. (Rachmadhani Fitriastuti)

20 Langkah Cepat dan Mudah untuk Menyelesaikan Kubus Rubik 3x3x3 !! cek dah

Kabar ini mungkin sulit dipercaya para jagoan permainan magic cube atau yang biasa disebut Kubus Rubik. Beberapa ilmuwan berhasil menemukan 20 langkah atau bahkan kurang dari jumlah itu untuk selalu memecahkan permainan Kubus Rubik.



Seperti yang dirilis Daily Mail, sebuah tim ilmuwan telah berhasil menyelesaikan 43,252,003,274,489,856,000 variasi bentuk yang mungkin terkonfigurasi dari mainan yang berbentuk kubus dan terdiri dari enam warna itu.
Sebelumnya para ilmuwan telah lama percaya bahwa angka 20, atau yang sering disebut ‘Angka Tuhan’, adalah jumlah langkah yang paling mungkin untuk menyelesaikan misteri Rubik tetapi sayang belum ada perangkat yang cukup canggih untuk memastikan klaim itu.
Tetapi kini, dengan menggunakan super komputer Google, para ilmuwan itu menemukan bahwa hanya 300 juta variasi bentuk yang membutuhkan 20 langkah, sisanya hanya butuh 15 sampai sembilan belas langkah untuk menyeragamkan warna enam sisi berbeda dari mainan berbentuk kubus itu.
Profesor Morley Davidson, seorang pakar matematika dari Kent State University, Ohio, Amerika Serikat, beberapa ilmuwan dari Kalifornia dan Jerman, bergabung dalam tim berisi para insinyur dari Google untuk memecahkan misteri Kubus Rubik itu.
Davidson mengatakan ‘sangat mustahil’ mencoba dan menguji semua konfigurasi itu satu persatu sendirian, sehingga mereka membagi kombinasi itu menjadi 2,21 miliar kelompok dari 20 miliar posisi. Tim itu kemudian menggunakan simetri untuk mengurangi jumlah konfigurasi yang mungkin.
“Jika Anda mengambil sebuah Kubus Rubik yang telah diacak dan memutarnya, Anda sebenarnya tidak membuatnya lebih susah karena Anda tetap memerlukan jumlah langkah yang sama untuk memecahkan teka-teki itu,” tulis para periset itu dalam laman resmi mereka.
Angka istimewa 20 dikenal sebagai ‘Angka Tuhan’ karena mengacu pada algoritma yang paling efisien dalam pemecahan teka-teki yang menuntut rangkaian langkah paling pendek. Sejak pertama kali ditemukan, para ilmuwan telah berusaha memecahkan misteri jumlah langkah maksimal yang dibutuhkan untuk memecahkan mainan kreasi Erno Rubik itu.
Pada 1992 Hans Kloosterman telah berusaha membuktikan bahwa hanya perlu 42 langkah untuk menyelesaikan permainan otak ala Rubik dan Silviu Radu pada 2006 menyatakan langkah yang diperlukan hanya berjumlah 27.
Kubus Rubic di temukan Erno Rubik, pemahat dan profesor arsitektur asal Hongaria pada 1974 tetapi baru diperkenalkan padatahun 1980 dan langsung menjadi fenomena. Sementara itu hingga kini, Scotsman Breandan Vallance, yang masih berusia 18 tahun adalah pemegang rekor tercepat memecahkan teka-teki Rubik dengan catatan waktu 10,74 detik. (hd/antaranews.com)



sumber :http://unik13.info/2010/10/wow-20-langkah-cepat-dan-mudah-untuk-menyelesaikan-kubus-rubik-3x3x3/

Golden Ways : Kumpulan Kata Motivasi Mario Teguh

Golden Ways : Kumpulan Kata Motivasi Mario Teguh

Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda
Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil
Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan
Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu
Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru
Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah
Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda
Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani
Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat
Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan
Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat
Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai
Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan
Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.
Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang
Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri
Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukan saat muda.
Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat
berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita
kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan
Orang-orang yang minta gaji lebih biasanya tidak dapat lebih, tapi yang melakukan lebih dan berkualitas akan mendapat lebih. Jangan takar tenaga yang Anda keluarkan berdasarkan gaji yang Anda dapatkan tetapi berdasarkan hasil yang dapat Anda kontribusikan bagi kelangsungan dan keuntungan perusahaan Anda.
Biodata Mario Teguh
  1. Nama Asli: Sis Maryono Teguh (Mario Teguh)
  2. Tempat/ Tanggal Lahir: Makasar, 5 Maret 1956
  3. Agama: Islam
  4. Istri: Linna Teguh
  5. Anak: Audrey
Pendidikan
  1. New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, AS, 1975
  2. Jurusan Linguistik & Pelajaran Bahasa Inggris, IKIP Malang (S-1)
  3. Jurusan Interaksi Bisnis, Sophia University, Tokyo, Jepang
  4. Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (Operations System, MBA)
Pengalaman Profesional
  1. Citibank Indonesia (1983 – 1986) as Head of Sales
  2. BSB Bank (1986 – 1989) as Manager Business Development
  3. Aspac Bank (1990 – 1994) as Vice President Marketing & Organization Development
  4. Exnal Corp Jakarta (1994 – present) as CEO, Senior Consultant
Spesialisasi
Business Effectiveness Consultant
Buku
  1. Becoming a Star (2006)
  2. One Million Second Chances (2006)

Selasa, 26 Oktober 2010

Toko Online Perlengkapan Bayi, Peluang Bisnis Yang Cukup Menarik

Toko Online Perlengkapan Bayi, Peluang Bisnis Yang Cukup Menarik

Diposting oleh : adminkom
Kategori: Peluang - Dibaca: 543 kali



Perkembangan bisnis online di Indonesia tahun belakangan ini sangat pesat. Salah satunya ditandai dengan banyaknya muncul toko-toko online. Tidak mungkin toko-toko online bermunculan kalau bukan karena adanya suatu peluang yang menjanjikan melalui penjualan via bisnis online. Bisnis toko online yang baik tentunya adalah yang tahu betul kemana segmen pemasaran yang menjadi target, jadi perlu melakukan survei dulu sebanyak apa orang yang akan mencari produk kita. Untuk mengetahui hal ini orang yang hendak merintis bisnis online bisa memanfaatkan Google Trend.
 
Salah satu segmen yang bisa jadi target adalah segmen pemasaran produk perlengkapan bayi. Tentu anda tahu targetnya hampir dipastikan adalah para orang tua, yang sedang momong bayi dan pastinya sayang pada bayi mereka. Ada cukup banyak toko online perlengkapan bayi yang bisa Anda temui. Dengan menggunakan kata kunci perlengkapan bayi saja pada mesin pencari Google kita bisa menemukan ratusan situs baik website ataupun blog yang menawarkan jenis produk ini.
 
Memang dengan menggunakan blog saja, yang notabene adalah gratis tanpa harus memikirkan biaya hosting atau bayar domain, asalkan anda bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang ada pada blog, Anda sudah bisa promosi kesana-kemari dan mulai mendapatkan uang dari order yang masuk. Salah satu contoh yang cukup menarik untuk penjualan perlengkapan bayi yang menggunakan blog gratis adalah: http://bajuanak-branded.blogspot.com. Meskipun hanya menggunakan blogspot, tampilannya cukup menarik dan dikelola dengan baik. Tidak ada salahnya pilih alternatif yang mana saja baik berbayar ataupun gratis. Namun untuk keseriusan bisnis dalam jangka panjang biasanya memang lebih baik dengan menggunakan domain sendiri yang unik dan mudah dikenali.
 
Ada beberapa situs perlengkapan bayi yang menjual secara online melalui domain berbayar, biasanya berakhiran .Com, yang bisa dijumpai, antara lain: GaleriMama.com, Juniorunder3.com, BayiAnda.com, BayikuSayang.Com, SentraIbudanBayi.Com, AdikBayi.Com, dan lain-lain. Beberapa toko online yang sempat teramati tersebut memiliki tampilan web yang cukup menarik, dan memajang produk yang bervariatif. Namun yang lebih penting dari itu toko perlengkapan bayi online tersebut menyediakan beberapa cara untuk berinteraksi antar pengelola toko online dengan pelanggan atau calon pelanggan, antara lain: menyediakan nomor telepon/hp, e-mail, ID chat (YM), dan kotak chat (chatbox). Semua saluran ini penting untuk memudahkan calon pembeli menghubungi pengelola toko online. Dan biasanya dicantumkan juga jam berapa saja staf pengelola toko online bisa dihubungi. Mengenai omset penjualan perlengkapan bayi ini amat bergantung pada seberapa banyak kunjungan dari segmen tertarget ke web atau blog pengelola.
 
Toko online yang memiliki tingkat kunjungan cukup banyak dan stabil bisa memperoleh omset rata-rata puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per hari. Terkadang ada yang bisa memperoleh jutaan rupiah dalam satu hari, cuma ini biasanya digenjot dengan promosi yang sangat gencar melalui iklan berbayar seperti Adword atau beriklan di situs-situs lain yang sudah memiliki pengunjung sangat banyak.
 
Nah, bagaimana.. apakah anda tertarik terhadap bisnis toko online perlengkapan bayi? Tidak mengerti desain toko online? Masalah script website toko online tidak sulit mencarinya. Masukkan kata kunci script toko online  di Google dan anda akan menemukan banyak alternatif. 
 

ALAMAT GROSIR BABY TOOLS

ALAMAT GROSIR BABY TOOLS

Baby A To Z
Mrs Wanny
5676234
Jl. Jelambar Selatan Raya 21A.
Jakarta Barat 11460,
Indonesia




CV. Mitra Asia Sukses
Susan Chung
021-54396734
Jl. Rawa Buaya, Komp. Inter Kota No. 8H
Jakarta , DKI. Jakarta
Indonesia
Jual tempat tidur bayi anti nyamuk dengan beragam ukuran



MODERN GARMENT
pakaian anak dan bayi dengan model terkini harga partai
Bpk. HENDRA SOEGIANTO
08175257858
62-31-5313591
JL.KEDUNG DORO
SURABAYA , Jawa Timur
Indonesia




Dewi Konveksi & supplyer
toko "Griya Busana Dewi"
perlengkapan bayi (topi, singlet, baju bayi, popok, grito, celana pendek/panjang, sarung tangan/kaki, kaos kaki, bantal peyang, lemek, gedong/gendongan, selimut, kojong, tas, dll)
Bpk. M. Imron Rosyidi
08122754006
62-274-374026/ 7164006
Trunojayan 858 Kotagede
Yogyakarta 55172, D.I. Yogyakarta
Indonesia






CEMERLANG BABY SHOPS
Bergerak dibidang Perdagangan perlengkapan bayi, anak dan ibu ( botol susu, pakaian bayi, gendongan, gurita, popok, kasur+bantal bayi, bedong, kaos kaki bayi - anak, kelambu dll ).
Bpk. Bambang Jatmika [Penjualan]
62 351 483847
Ruko baru belakang pasar besar Madiun Jl. Wuni No 2
Madiun 63131, Jawa Timur
Indonesia


Surya Baby Fashion
Bpk. Ivan Budiono
62081575570088
622470150088
62243510088
Taman Hasanudin F-91. Pondok Hasanudin
Semarang 50176, jawa tengah
Indonesia
Perusahaan kami memproduksi dan berdagang pakaian bayi dan anak, perlengkapan bayi, baju muslim dan baju koko untuk anak. Kami melayani toko grosir dan retail.


Fawwaza Baby & Kids
Jual: perlengkapan bayi & anak serta ibu hamil
melayani eceran maupun grosiran semua kebutuhan bayi & ibu hamil
Ibu Nurul
0856.97.111.036
62-021-7522228
Tamini Square Lantai 1 Blok FS-50 No.2, Jalan Raya Taman Mini Jakarta
Jakarta 12190, DKI. Jakarta
Indonesia

Menjual Aneka Rupa & Warna pakaian bayi dan anak serta perlengkapan ibu hamil.
Keperluan Bayi :
1. Baju Bayi
a. Lengan Buntung
b. Lengan Pendek
c. Lengan Panjang
2. Celana Bayi
a. Celana Bayi Pendek/POP
b. Celana Bayi Panjang Terbuka/tertutup
3. Gurita Bayi Ikat/Tempel
4. Popoq
5. Bedong
6. Sarung Tangan & Kaki
7. Washlap
8. Handuk Besar/Kecil
9. Singlet, Oblong
10. Tatakan Ompol
11. Saputangan
12. Selimut Topi/Biasa
13. Topi Bayi
14. Kaos Kaki/Sepatu
15. Bantal Bayi
a. Bantal Peang
b. Bantal Susu
c. Bantal Guling & Set
16. Perlak Mandi & Ompol
17. Tempat Bedak, Tempat sabun & Ember
18. Bad Cover
19. Popok/Celana Plastik
20. Tatakan Iler
21. Macam2 Gendongan Samping/Depan
22. Kereta Dorong Biasa/Ayun
23. baby Walker
24. Mainan Anak-Anak
25. Gift Set
26. Container Susu
27. Feeding Set
Keperluan Ibu :
1. Gurita Ibu Ikat/Tempel
2. Stagen
3. Bread Past
4. Pompa Susu
5. Sambungan Buah dada
6. BH Menyusui
7. Kain Panjang
8. Kain Sarung
9. Baju Suster






DHAZKA BABY SHOP
Ibu ENDANG PAMULARSIH
0811262337
62287551500
Jl. Pabrik No. 17 Karanganyar
Kebumen 54364, Jawa Tengah
Indonesia
Menjual secara grosir dan eceran produk-produk perlengkapan bayi lengkap dan juga anak-anak, juga menyediakan aneka mainan.




HONEY BABY
Ibu Nadia
085210947177
085210947177
Jakarta
Jakarta Barat , DKI. Jakarta
Indonesia
Toko perlengkapan dan pakaian bayi. Berada di daerah Jakarta Barat. Kami menjual segala macam perlengkapan dan baju-baju bayi dengan segmen menengah keatas. Kami menyedian produk-produk seperti Avent, Pigeon, Mustela, beberapa produk unik, baju-baju import dan lokal, semua dengan harga sangat bersaing.










AYUDITA BABY SHOP
Korespondensi Perusahaan
Bpk. Iwan Rijayana
081320794137
+62-22-5212905
Jl. Kembar Barat Baru no. 11
Bandung , Jawa Barat
Indonesia
Menyediakan macam-macam perlengkapan bayi


KIKO BABYGEAR HOBBIES TOYS
Ibu Ennie Agustinus Kusuma
http://www.kikobaby.com/
+620370629901
+620370634180
Mataram Mall, lt.1&2
Cakranegara 808303, Nusa Tenggara Barat
Indonesia
Pusat perlengkapan bayi dan ibu.
Pusat mainan anak-anak terlengkap.


PT JSA
Nama: Ibu shelly Djajanegara
Nomer Telpon: 61421286789
pengecer pakaian anak dan bayi juga perlengkapan bayi lainnya

Senin, 25 Oktober 2010

SYAFA'AT FIL QUR'AN (membantah tafsir ALMANAR)

SYAFA'AT FIL QUR'AN (membantah tafsir ALMANAR)
PencetusTulisan
Abu Dzar
# Postingan: 12 Des 2008 23:54
Balasan  Mengutip


Muahammad Rasyid Ridha, penyusun tafsir almanar dari golongan kaum WAHABI mengatakan setelah mengutip ayat Al Baqarah ayat 123 "dan takutlah kamu kepada suatu hari yang pada hari itu seseorang tidak dapat menggantikan seseorang lain sedikitpun dan tidak akan diterima satu tebusan dari padanya dan tidak akan memberi manfaat suatu syafaat kepadanya dan tidak (pula) mereka akan ditolong" mengatakan bahwa syafaat itu tidak ada. sangat disayangkan seorang yang katanya ULAMA' dengan gampangnya mengeluarkan statement, bahkan dibukukan dalam kitab yang merupakan rujukan oleh KAUM BERJENGGOT, BERJIDAT HITAM DAN BERCELANA GANTUNG.
Dia juga berargumentasi untuk menguatkan hujjahnya dengan mengutip surat Al Baqarah yang berbunyi “ dan jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat yang pada hati tu) seseorang tidak dapat membela orang lain walau sedikitpun dan begitu pula tidak diterima syafaat dan tebusan dari padanya, dan tidaklah mereka akan di tolong. Kalau dilihat dari apa yang dipikirkan oleh seorang mufasir tersebut seperti Muhammad rasyid ridha, pernah di singgung oleh Allah dalam surat Al Hijr (89-91) “ dan katakanlah sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan sebagai mana ( kami telah member peringatan) kami telah menurunkan azab keada orang-orang yang membagi bagi ( kitab Allah) yaitu orang-orang yang telah menjadikan Al Qur’an itu terbagi bagi”.
Kalau melihat dari konteks ayat tersebut sangatlah jauh perbedaan anatara tidak bermanfaat dan tidak ada. Dalam ayat tersebut jelas jelas Allah mengatakan bahwa syafaat tidak bermanfaat bagi orang orang tertentu, namun kepada orang orang tertentu syafaat itu bermanfaat.
Mari kita melihat sedikit di surat At Taubah (9) ayat 80 “ Kamu memohonkan ampun bagi mereka atau tidak kamu mohonkan ampun bagi mereka adalah sama saja, kendatipun kamu memohon ampun kepada mereka 70 kali, namun Allah sekali kali tidak akan memberi ampun pada mereka”. Kalau kita melihat di ayat ini ada kesamaan dengan ayat di atas bahwa permohonan ampun mereka tidak bermanfaat walaupun kepada mereka dimohonkan ampun sebanyak 70 kali. Yang menjadi pertanyaan apakah Muhammad Rasyid Ridha juga akan mengatakan bahwa ISTIGHFAR itu tidak ada?... Ataukan ada namun tidak bermanfaat bagi orang orang tertentu. Tentu jawabannya istighfar itu ada, dan bahkan di anjurkan. Sekali lagi saya tekankan bahwa sangatlah berbeda arti dari tidak ada dan tidak bermanfaat. Apakah dia lupa, firman Allah di surat Al Anbiya’ (21) ayat 28 “ Allah mengetahui segala sesuatu di hadapan mereka (malaikat) dan yang di belakang mereka, dan mereka tiada member syafaat melainkan kepada orang yang di ridhoi Allah. Dan mereka itu selalu berhati hati karena takut kepadaNya”.
Wahai Muhammad rasyid ridha engkau kemanakan ayat dalam surat Al Anbiya’ tersebut di atas?... ataukah engkau baru mengetahui bahwa ayat tersebut ada yang berarti syafaat itu ada?... untuk lebih meyakinkan anda, silahkan merujuk surat An Najm (53) ayat 26 yang berbunyi “ dan berapa banyak nya malaikat di langit, syafaat mereka sedikitpun tidak berguna kecuali sesudah Allah mengijinkan bagi orang orang yang di kehendaki dan di ridhoi”. Apakah engkau juga baru melihat ayat ini sehingga mengatakan bahwa syafaat itu tidak ada?...
Dan sebagai masukan yang terkhir saya sarankan untuk anda membuka surat Az Zukhruf (43) ayat 86 yang berbunyi “ dan sembahan sembahan yang mereka sembah selain Allah tidak dapat member syafaat, akan tetapi (orang yang dapat member syafaat ialah) orang yang mengakui hak dan mereka meyakininya”. Setelah dalil dalil yang saya kemukakan di atas apakah anda masih akan mengatakan syafaat itu tidak ada?... SADARLAH WAHAI SAUDARAKU DAN BELAJARLAH SEBELUM MENGAJAR
  

Minggu, 24 Oktober 2010

Obat hebal kanker kelenjar getah bening

Obat hebal kanker kelenjar getah bening


Waspadai Benjolan Di Leher Pertanda Awal Kanker Kelenjar Getah Bening

Limfoma adalah kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal, seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada bebagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, darah ataupun organ lain.

Ada dua jenis kanker sistem limfotik yaitu penyakit hodgkin dan limfoma non-hodgkin (NHL). Kanker kelanjar getah bening atau limfoma adalah sekelompok penyakit keganasan yang bekaitan dan mengenai sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Cairan limfatik adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik. Ada dua macam sel limfosit yaitu sel B dan T. Sel B berfungsi membantu melindungi tubuh melawan bakteri dengan membuat antibodiyang memusnahkan bakteri. Gejala dan penyakit kanker kelenjar getah bening meliputi pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, ketiak atau pangkal paha.

Pembengkakan kelenjar tadi dapat dimulai dengan gejala penurunan berat badan secara gratis, rasa lelah yang terus menerus, batuk-batuk dan sesak napas, gatal-gatal, demam tanpa sebab dan berkeringat malam hari.

Seringkali penderita tidak menunjukkan gejala khas hanya memiliki semacam benjolan atau pembengkakan kelenjar getah bening pada leher. Karena tidak ada keluhan khas banyak pasien baru berobat saat masuk stadium lanjut sehingga sel kanker sudah menyebar dan sulit diangkat dengan operasi.

WHO memperkirakan sekitar 1,5 juta orang di dunia saat ini hidup dengan NHL dan 300 ribu orang meninggal karena penyakit ini tiap tahun. Sekitar 55 persendari NHL tipenya agresif dan tumbuh cepat.

NHL merupakan kanker tercepat ketiga pertumbuhannya setelah kanker kulit dan paru-paru. Angka kejadian NHL meningkat 80 persen dibandingkan tahun 1970-an. Setiap tahun angka kejadian penyakit ini meningkat 3-7 pesen. NHL banyak terjadi pada orang dewasa dengan angka tertinggi pada rentang usia 45-60 tahun.

Makin tua usia makin tinggi risiko terkena limfoma karena daya tahan tubuhnya menurun. Hingga kini penyebab limfoma belum diketahui secara pasti. Ada empat kemungkinan penyebabnya yaitu faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia). Penyebabnya multifaktor.

Terdapat lebih dari 30 subtipe NHL (90 persen dari jenis sel B) yang dapat diklasifikasikan dengan pertimbangan beberapa faktor, penampakan di bawah mikroskop, ukuran, kecepatan tumbuh dan organ yang kena.

Limfoma indolen (derjat rendah) tumbuh lambat sehingga diagnostik awal lebih sulit. Pasien dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun tetapi belum ada pengobatanyang menyembuhkan. Pasien biasanya memberi respon baik pada terapi awal, tetapi sangat mungkin kambuh lagi. Penderita limfoma indolen bisa mendapat terapi hingga enam kali sepanjang hidup, tetapi makin lama responnya menurun.

Limfoma agresif (derjat keganasan tinggi) cepat tumbuh dan menyebar. Jika dibiarkan tanpa pengobatan dapat mematikan dalam enam bulan. Angka harapan hidup rata-rata lima tahun dan 30-40 persen sembuh. Pasienyang terdiagnosa dini langsung diobati lebih mungkin meraih risiko sempurna dan jarang kambuh, karena ada proteksi kesembuhan, biasanya pengobatan lebih agresif. * Prof Karmel L Tambunan Ahli Hematologi-Onkologi (ags)

Solusi terbaik untuk mengatasi kanker kelenjar getah bening tanpa operasi dengan xamthone plus(juice manggis)

Mengapa xamthone plus jus manggis memiliki kemampuan mengobati kanker kelenjar getah bening ?

Jawaban pertanyaan ini terjawab dengan penelitian terkini yang membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat yaitu xanthone, melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin c dan E .

Journal of pharmacology, mempublikasikan bahwa xanthone memilik efek anti kanker seperti kanker payudara , kanker darah (leukeumia) dan kanker hati . Selain itu juga xanthone memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aterosklerosis, hipertensi dan trombosit. Xanthone juga memperlebar pembuluh darah dan memeperlancar peredaran darah. manggis juga kaya akan mineral kalium yang membantu metabolisme energi.

Khasiat XANTHONE bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji XANTHONE dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker payudara manusia. Hasilnya? Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.

( sumber BPTP oleh Kasma Iswari dan Tri Sudaryono )


Read more: wisben.com on blogger: Obat hebal kanker kelenjar getah bening

Sabtu, 23 Oktober 2010

Menelusuri Jejak Liberalisme Islam di Indonesia

Menelusuri Jejak Liberalisme Islam di Indonesia
Kamis, 7 Peb 08 06:06 WIB
Tak syak lagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Barat telah membuat sebagian kalangan umat Islam terkagum-kagum dan mengalami shock culture. Untuk mengapreasiasi kemajuan Barat itu, sejumlah tokoh Islam menganjurkan dan menyerukan adanya pembaharuan Islam dengan mencontoh Barat.
Pembaharuan pemikiran di dunia Islam dimulai ketika Khilafah ‘Utsmaniyah di Turki diambang kehancuran. Selanjutnya, Islam Turki di bawah komando Mustafa al-Taturk didekontruksi sedemikian rupa seperti Barat. Setelah berhasil mendelegitimasi kewenangan khalifah dan Pengadilan Khusus Agama (Islam), al-Tatruk dengan penuh kepongahan merombak total tatanan prinsip-prinsip Islam.
Tak hanya itu. Ia juga mengganti Hukum Syari’at tentang perkawinan Islam dengan diganti hukum Swiss, di mana perempuan punya hak cerai sama dengan laki-laki. Selanjutnya, sekolah-sekolah agama (madrasah) dan perguruan tinggi agama dibubarkan, dan diganti dengan sekolah ala Barat.
Yang lebih parah lagi adalah adzan bahasa Arab diganti dengan bahasa lokal (Turki), jilbab dilarang, dan penggunaan bahasa Arab pun diganti dengan bahasa Barat. Pendek kata, semua identitas, idiom-idiom keIslaman dan kearaban dihapuskan diganti dengan simbol, identitas dan tradisi Barat. Setelah itu semua, sempurnalah bekas khilafah ‘Utsmaniyah itu menjadi Republik Turki yang sekular. (Harun Nasution, Islam Rasional, , 1995)
Selain Turki, dunia Islam yang kecipratan dengan pembaharuan Islam adalah Mesir. Pembaharuan di negeri Kinanah ini mulai terjadi ketika utusan Perancis Napoleon Bonaparte dan sejumlah ilmuan yang ikut rombongannya datang ke negeri itu. Dari situ terjadilah kontak masyarakat Mesir dengan budaya Barat.
Seperti yang dialamiTurki, sebagian ulama Mesir mendukung program pembaharuan model Barat itu. Untuk kepentingan ini, maka diutuslah pelajar-pelajar Mesir untuk belajar di Paris dengan pengawasan imam. Adalah Rifa’ al-Thahthawi (1803-1873) dari imam-imam yang diutus untuk belajar ke sana. Sekembalinya dari pengembaraan dari negeri Barat, pemikiran al-Thahthawi cukup berpengaruh dalam masyarakat Mesir saat itu. Di antara pembaharuan yang digaungkan al-Thahthawi adalah penyesuaian penafsiran/interpretasi syari’at dengan kondisi zaman modern.
Setelah ia wafat, barulah Jamaluddin al-Afghani datang ke Mesir, dan menyuarakan hal yang serupa. Pembaharuan yang dibawa al-Afghani selanjutnya dilanjutkan oleh Muhammad ‘Abduh dan muridnya Rasyid Ridla.
Menurut Harun, pembaharuan yang digerakkan oleh mereka itu memakai pendekatan teologi atau pemikiran Mu’tazilah (rasionalisme). Dari sini pula muncul tokoh-tokoh sekular- liberal, sebut saja misalnya, Musthafa A. Raziq, Sa’ad Zaghlul, Ahmad Amin, Thaha Husein, ‘Ali Abdul Raziq, dan lain-lainnya yang senada.
Merambah ke Indonesia
Gaung dan gerakan pembaharuan di Mesir rupanya juga merambah ke Indonesia. Melalui KH. Ahmad Dahlan dengan Muhammadiyahnya, pembaharuan Islam dimulai. Gagasan pembaharuan Kyai Dahlan sendiri merupakan pengaruh dari tokoh-tokoh Mesir. Ketika pendiri Muhammadiyah itu melakukan perjalanan ke Mekah untuk belajar di sana, di tengah perjalanan ia membaca karya ‘Abduh dan Ridla, Tafsir al-Manar.
Sepulangnya dari menimba ilmu itu, rupanya Tafsir al-Manar telah menginspirasi KH. Ahmad Dahlan untuk melakukan pembaharuan Islam di Indonesia. Selain karena pengaruh Mesir, penetrasi misi Katholik-Protestan dari penjajah (Spanyol, Portugis, dan Belanda) dan praktik takhayul, khurafat serta bid’ah di masyarakat Indonesia telah membuat KH. Ahmad Dahlan prihatin sekaligus protes keras. Faktor-faktor inilah yang mendorong pembaharuan Islam oleh Kyai. Dahlan bersama Muhammadiyahnya.
Kendati begitu, dalam pandangan Harun, pembaharuan yang disuarakan Muhammadiyah bukanlah pembaharuan yang prinsipil dan menyangkut hal-hal dasar (ushul), tapi pada masalah cabang (furu’). Misalnya, soal ru’yah al-Hilal, patung, gambar, musik, kenduri, tahlilan, dan lain-lainnya. Pembaharuan demikian berbeda dengan yang terjadi di Mesir dan Turki.
Sebagai orang yang pernah belajar di Mesir dan di Barat, justru Harun sendirilah yang dikenal sebagai lokomotif liberalisme di Indonesia melalui lembaga pendidikan tinggi. Setelah pulang dari Mesir, ia kemudian bekerja di Institut Agama Islam Negeri (IAIN), sekitar 1969. Ketika pemerintah, dalam hal ini Menteri Agama (Menag) A.Mukti ‘Ali menunjuk dia sebagai Rektor IAIN Syarif Hidayatullah, program liberalisasi pemikiran Islam segera ditabuh dan digulirkan. (Adian Husaini, Hegemoni Kristen-Barat dalam Studi Islam di Perguruan Tinggi, 2006)
Untuk merealisasikan liberalisme, Harun mempromosikan dan mensosialisasikan paham Mu’tazilah. IAIN Jakarta di bawah komandonya mewajibkan para mahasiswa membaca buku-buku karyanya, antara lain, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Teologi Islam, Filsafat Agama.
Belasan tahun kemudian, bukunya yang berjudul Islam Rasional juga menjadi bacaan dan referensi ”wajib” di kalangan dosen dan mahasiswa IAIN. Kewajiban memakai buku-buku karya Harun itu berlangsung sampai kini di semua jurusan atau program studi, kendati nama IAIN sudah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).
Maka di tangan Harun-lah UIN/IAIN/STAIN berhasil di-Mu’tazilah-kan. Tentunya keberhasilan Harun menggeser dan mengubah model pemikiran di lingkungan IAIN ketika itu tak lepas dari dukungan politik dari pemerintah Orde Baru.
Harun memang dikenal gigih dan serius berkiprah di pendidikan tinggi. Ia punya dedikasi tinggi untuk mengawal dan membesarkan IAIN sebagaimana yang ia harapkan seperti lahirnya para pemikir liberal sekular di Mesir.
Menurut mantan muridnya di program Pascasarjana IAIN, Dr. Ahmad Dardiri, Harun sangat perhatian dengan mahasiswanya dalam berbagai hal. “Bimbingan tesis ataupun disertasi betul-betul ia tangani dengan serius. Pak Harun betul-betul serius untuk berkiprah di dunia pendidikan. Ini berbeda dengan Cak Nur yang kadang kurang serius dengan bimbingan tesis atau disertasi mahasiswa. Waktunya tersita dengan kegiatan di luar IAIN, ” ujarnya.
Setelah berjalan selama hampir 40 tahun, usaha Harun menemukan hasilnya. Hampir seluruh UIN/ IAIN/ STAIN di seluruh Indonesia kini telah menjadi gerbong terbesar proyek liberalisasi pendidikan dan studi Islam. Bila di masa Harun, liberalisasi lebih ditekankan pada studi teologi/ilmu Kalam, maka saat ini fokusnya adalah pada studi Al-Qur’an.
Hal ini dianggap strategis karena studi Al-Qur’an merupakan mata kuliah umum wajib yang harus diambil seluruh mahasiswa. Tentunya juga, liberalisasi Islam akan mudah berjalan dan kena sasaran bila liberalisasi Studi Al-Qur’an diperkuat dan dikurikulumkan.
Proyek liberalisasi Studi Al-Qur’an ini semakin gencar dan serius dengan dimasukkannya mata kuliah Hermeneutika dan Semiotika di Program Studi Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Demikian pula mata kuliah Kajian Orientalis terhadap Al-Qur’an dan Hadits.
Referensi dan sumber dua mata kuliah ini adalah para pengibar liberalisme Studi Al-Qur’an, baik dari kalangan Muslim maupun Kristen. Misalnya, Muhammad Arkoun, Norman Calder, Farid Essack, Hans G. Gadamer, dan lain-lain. Tujuan pengajaran mata kuliah Hermeneutika dan Semiotika adalah “Mahasiswa dapat menjelaskan dan menerapkan ilmu Hermeneutika dan Semiotika terhadap kajian al-Qur’an dan Hadis.” Sedangkan untuk Kajian Orientalis bertujuan, ” Mahasiswa dapat menjelaskan dan menerapkan kajian orientalis terhadap al-Qur’an dan Hadits.”
Atas pengajaran mata kuliah Hermeneutika ini, entah karena tak paham tentang bahaya penerapan hermeneutika dalam studi Al-Qur’an atau karena alasan lain, seorang dosen ilmu Hadis di Prodi Tafsir Hadis UIN Jakarta juga mengaku tak ada persoalan dengan hal itu. “Tidak apa-apa. Itu bagus-bagus saja, ” katanya.
Pengajaran Studi Al-Qur’an dengan metode Barat itu, kini telah melahirkan banyak mahasiswa/i dan sarjana UIN/IAIN/STAIN yang meragukan, menghujat, bahkan melecehkan Al-Qur’an. Laporan majalah pekanan GATRA edisi 7 Juni 2006, menyebutkan, seorang dosen IAIN Surabaya di depan para mahasiswanya membuat adegan menginjak-injak lafaz Allah dengan kakinya tanpa merasa berdosa. Ini adalah sebuah tindakan yang tak beradab dan tak terpuji. Padahal dia adalah pengampu mata kuliah Sejarah Peradaban Islam.
Kisah yang mirip dan serupa juga terjadi di UIN/IAIN/STAIN lainnya. Misalnya, dosen pembimbing tesis atau disertasi di UIN Jakarta sering mengolok-olok ketika ada mahasiswa/i dalam tesis/disertasinya mengutip ayat Al-Qur’an ataupun Hadis Nabi Saw. Inilah ironi Studi Al-Qur’an di perguruan tinggi (Islam) kita.
Kasus liberalisasi Studi Al-Qur’an di Indonesia memang sangat ironis dan memprihatinkan. Sebab, proyek ini tidak hanya dilakukan oleh sejumlah akademisi, tapi juga oleh beberapa aktivis, lembaga swadaya masyarakat (LSM), para petinggi ormas Islam, pengasuh pondok pesantren, lembaga penelitian, dan sebagainya. Mereka begitu ”gigih dan getol” mengkampanyekan liberalisme, selain ingin lepas dan bebas dari Syari’at Islam, juga karena mendapat kucuran dana berlimpah dari The Asian Foundation. Dengan dukungan dana yang relatif besar, untuk mempromosikan agendanya mereka menjalin kerjasama dengan beberapa media massa.
Kasus yang teranyar adalah tindakan tidak fair enam guru besar yang meluluskan disertasi Abd. Moqsith Ghazali. Padahal dalam disertasi ini banyak penafsiran al-Qur'an yang mengabaikan dan memisahkan antara keimanan kepada Allah Swt dengan keimanan terhadap nabi Muhammad Saw.
Dalam disertasi aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) ini, disebutkan, ”secara eksplisit Al-Quran menegaskan bahwa siapa saja – Yahudi, Nashrani, Sabi’in, dan lain-lain – yang menyatakan hanya beriman kepada Allah, percaya akan Hari Akhir, dan melakukan amal saleh, tak akan pernah disia-siakan oleh Allah. Mereka akan mendapatkan balasan yang setimpal atas keimanan dan segala jerih payahnya.” (hal. 192). Jadi tanpa beriman kepada Rasulullah Muhammad, amal seorang Yahudi, Kristen dan Sabi'in sama kedudukannya dengan amal orang Muslim.
Yang lebih parah lagi adalah ketika penulis membahas tentang ”Pengakuan dan Keselamatan Umat non-Muslim”. Ia menyatakan, ”Agama yang satu tak membatalkan agama yang lain, karena setiap agama lahir dalam konteks historis dan tantangannya sendiri. Walau begitu, semua agama terutama yang berada dalam rumpun tradisi abrahamik mengarah pada tujuan yang sama, yakni kemaslahatan dunia dan kemaslahatan akhirat. Dengan memperhatikan kesamaan tujuan ini, perbedaan eksoterik agama-agama mestinya tak perlu dirisaukan.” (hal. 189).
Disertasi berjudul, Perspektif Al-Quran tentang Pluralitas Umat Beragama dibimbing oleh Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A (Dirjen Bimas Islam dan guru besar ilmu tafsir di UIN Jakarta) dan Prof. Dr. Komaruddin Hidayat (Rektor UIN Jakarta). Bertindak sebagai penguji adalah Prof. Dr. Azyumardi Azra (Ketua Sidang dan juga Direktur Pasca Sarjana UIN Jakarta), Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, Prof. Dr. Kautsar Azhari Noer, Prof. Dr. Suwito, Prof. Dr. Mulyadhi Kartanegara, Prof. Dr. Zainun Kamal dan Prof. Dr. Salman Harun.
Dari tujuh guru besar, hanya satu guru besar yang tidak meluluskan disertasi yang kontroversial ini, yakni Prof. Dr. Salman Harun. Bahkan mantan dekan Fakultas Tarbiyah UIN Jakarta itu membuat kritik tertulis. Konon baru kali ini di UIN Jakarta ada penguji yang sampai membuat kritik tertulis ketika menguji.
Salman menilai Abd.Moqsith salah memahami penggalan buku Nawawi Al-Jawi (1813-1899) tentang bisa tidaknya non-muslim masuk surga. Moqsith dinilai tak utuh mengutip Ibnu Katsir (1300-1373).
Ia menambahkan, dua ulama itu berkesimpulan hanya Muslim yang masuk surga. Tapi Moqsith menyimpulkan, non muslim juga bisa. Salman khawatir disertasi ini akan memperkuat tuduhan sebagian kalangan bahwa UIN adalah tempat kristenisasi.
Orientalis modern William Montogomerry Watt, menjelaskan, mereka yang disebut liberal adalah orang-orang Islam yang banyak memahami Islam dengan sudut pandang Barat dan melakukan kritik-kritik terhadap Islam baik secara implisit atau eksplisit, tapi mereka masih mengaku sebagai Muslim (William Montogomerry Watt, Fundamentalisme dan Modernity in Islam). (dina)

Sejarah dan Pemikiran Muhammad Abduh

Sejarah dan Pemikiran Muhammad Abduh

19 Oktober 2010 at 11:48 AM (Tak Berkategori)
Muhammad bin Abduh bin Hasan dilahirkan di desa Mahallat Nashr, Al-Buhairoh, Mesir pada tahun 1849 M. Dia murid kesayangan Jamaluddin Al-Afghani. Dia wafat pada tahun 1905.
Aqal dan Wahyu
Menurut DR. M. Quraisy Syihab dalam Studi Kritis Tafsir Al-Manar terbitan Pustaka Hidayah tahun 1994 halaman 19, ada dua pemikiran pokok yang menjadi fokus utama pemikiran Muhammad Abduh, yaitu:
1. Membebaskan aqal fikiran dari belenggu-belenggu taqlid yang menghambat perkembangan pengetahuan agama sebagaimana haqnya salaful ummah, yakni memahami langsung dari sumber pokoknya, Al-Qur’an dan Hadits. [Wajarlah jika para pengikutnya beranggapan bahwa setiap orang boleh berijtihad, admin]
2. Memperbaiki gaya bahasa Arab, baik yang digunakan dalam percakapan resmi di kantor-kantor pemerintahan maupun dalam tulisan-tulisan di media massa. [Hal ini juga merupakan salah satu point yang ditekankan Hasan Al-Banna yang merupakan salah satu pengagum Muhammad Abduh dan Al-Manarnya, admin.]
Dua persoalan pokok itu muncul ketika ia meratapi perkembangan ummat Islam pada masanya. Sebagaimana dijelaskan Sayyid Qutub, kondisi ummat Islam saat itu dapat digambarkan sebagai, “suatu masyarakat yang beku, kaku, menutup rapat-rapat pintu ijtihad, mengabaikan peranan aqal dalam memahami syari’at Allah atau mengistimbatkan hukum-hukum, karena mereka telah merasa cukup dengan hasil karya para pendahulunya yang juga hidup dalam masa kebekuan aqal (jumud), serta yang berdasarkan khurafat-khurafat.” [Sayyid Qutub, Khasha'ish At-Tashawwur Al-Islam, hal. 19]
Lihatlah bagaimana Sayyid Qutub menilai para ulama shalih. Lihatlah bagaimana dia mengedepankan aqal dan mengajak ummat pada umumnya untuk berijtihad. Padahal tidak semua orang punya kapasitas sebagai mujtahid. Bahkan tidak semua ulama dan santri mencapai derajat mujtahid. Pemikiran keliru yang mengajak ummat untuk berijtihad atas nama kebebasan berfikir ini telah diterima sebagian pemuda yang umumnya lemah aqal. Dan tentu saja pemikiran menyimpang seperti ini sangatlah berbahaya dan menyesatkan.
Atas dasar kedua fokus fikirannya itu, Muhammad Abduh memberikan peranan yang sangat besar kepada aqal. Begitu besarnya peranan yang diberikan olehnya sehingga Harun Nasution menyimpulkan bahwa Muhammad Abduh memberi kekuatan yang lebih tinggi kepada aqal daripada Mu’tazilah. [Harun Nasution, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional, UI Press, 1978, hlm. 57]
Menurut Muhammad Abduh, aqal dapat mengetahui hal-hal berikut ini:
1. Tuhan dan sifat-sifat-Nya.
2. Keberadaan hidup di akhirat.
3. Kebahagian jiwa di akhirat bergantung pada upaya mengenal Tuhan dan berbuat baik, sedangkan kesengsaraannya bergantung pada sikap tidak mengenal Tuhan dan melakukan perbuatan jahat.
4. Kewajiban manusia mengenal Tuhan.
5. Kewajiban manusia untuk berbuat baik dan menjauhi perbuatan jahat untuk kebahagiaan di akhirat.
6. Hukum-hukum mengenai kewajiban-kewajiban itu.
Dengan memperhatikan pandangan Muhammad Abduh tentang peranan aqal di atas, dapat diketahui pula bagaimana fungsi wahyu baginya. Baginya, wahyu adalah penolong (al-mu’in). Kata ini ia pergunakan untuk menjelaskan fungsi wahyu bagi aqal manusia. Wahyu, katanya, menolong aqal untuk mengetahui sifat dan keadaan kehidupan alam akhirat; mengatur kehidupan masyarakat atas dasar prinsip-prinsip umum yang dibawanya; menyempurnakan pengetahuan aqal tentang Tuhan dan sifat-sifat-Nya; dan mengetahui cara beribadah serta bersyukur kepada Tuhan. [Harun Nasution, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional, UI Press, 1978, hlm. 58-61]
Dengan demikian, wahyu bagi Muhammad Abduh berfungsi sebagai konfirmasi, yaitu untuk menguatkan dan menyempurnakan pengetahuan aqal dan informasi. Lebih jauh, Muhammad Abduh memandang bahwa menggunakan aqal merupakan salah satu dasar Islam. Iman seseorang tidak sempurna kalau tidak didasarkan pada aqal. Islam, katanya, adalah agama yang pertama kali ‘mempersaudarakan’ antara aqal dan agama. Menurutnya, kepercayaan kepada eksistensi Tuhan juga berdasarkan aqal. Kemudian dia beranggapan bahwa wahyu yang dibawa Nabi tidak mungkin bertentangan dengan aqal. Kalau ternyata antara keduanya terdapat pertentangan, menurutnya, terdapat penyimpangan dalam tataran interpretasi, sehingga diperlukan interpretasi lain yang mendorong pada penyesuaian.
Kebebasan Manusia
Dalam paham Ahlus Sunnah, manusia bebas untuk memilih, namun Allah yang menciptakan/mewujudkan perbuatan manusia. Ada pun dalam paham Mu’tazilah dan Qodariyah, manusia bebas untuk memilih dan manusia pula yang mewujudkan perbuatannya. Lalu bagaimana dengan Muhammad Abduh? Apakah ia cenderung kepada Ahlus Sunnah, atau justeru cenderung kepada Mu’tazilah?
Bagi Muhamamd abduh, di samping mempunyai daya fikir, manusia juga mempunyai kebebasan memilih, yang merupakan sifat dasar alami yang ada dalam diri manusia. Kalau sifat dasar ini dihilangkan dari dirinya, maka ia bukan manusia lagi, tetapi makhluq lain. Manusia dengan aqalnya mampu mempertimbangkan akibat perbuatan yang dilakukannya, kemudian mengambil keputusan dengan kemauannya sendiri, dan selanjutnya mewujudkan perbuatannya itu dengan daya yang ada dalam dirinya. [Harun Nasution, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional, UI Press, 1978, hlm. 65] Sungguh mirip paham mu’tazilah.
Karena yaqin akan kebebasan dan kemampuan manusia, Abduh melihat bahwa Tuhan tidak bersifat muthlaq. Tuhan telah membatasi kehendak muthlaq-Nya dengan memberi kebebasan dan kesanggupan (qudrah) kepada manusia dalam mewujudkan perbuatan-perbuatannya. Kehendak muthlaq Tuhan pun dibatasi oleh sunnatullah secara umum. Ia tidak mungkin menyimpang dari sunnatullah yang telah ditetapkan-Nya. Di dalamnya terkandung arti bahwa Tuhan dengan kemauan-Nya sendiri telah membatasi kehendak-Nya dengan sunnatullah yang diciptakan-Nya untuk mengatur alam ini. [Harun Nasution, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional, UI Press, 1978, hlm. 75 dan 77]
Muhammad Abduh sefaham dengan Mu’tazilah yang beranggapan bahwa wajib bagi Tuhan untuk berbuat apa yang terbaik bagi manusia. [Harun Nasution, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional, UI Press, 1978, hlm. 80]

Kamis, 21 Oktober 2010

MAHASISWA vs PROFESOR

Inilah Hipotesis MAHASISWA Misterius yang Berhasil Mematahkan Jawaban Sang PROFESOR

Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswa nya dengan pertanyaan ini, "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?".

Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, "Betul, Dia yang menciptakan semuanya".

"Tuhan menciptakan semuanya?" Tanya professor sekali lagi. "Ya, Pak, semuanya" kata mahasiswa tersebut.

Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan".

"Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau Agama itu adalah sebuah mitos.

Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, "Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?".

"Tentu saja," jawab si Profesor,

Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, "Profesor, apakah dingin itu ada?"

"Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada.

Kamu tidak pernah sakit flu?" Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya.

Mahasiswa itu menjawab, "Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada.

Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas."

Mahasiswa itu melanjutkan, "Profesor, apakah gelap itu ada?" Profesor itu menjawab, "Tentu saja itu ada."

Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Pak.

Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak.

Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya."

Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Profesor, apakah kejahatan itu ada?"

Dengan bimbang professor itu menjawab, "Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya.

Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan."

Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi Anda salah, Pak.

Kajahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap, kajahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan.

Tuhan tidak menciptakan kajahatan. Kajahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya."

Profesor itu terdiam.

Nama mahasiswa itu adalah Albert Einstein .



Nasehat Para Imam Mahzab

Nasehat Para Imam Mahzab

E-mail Print PDF
dari http://dareliman.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=25&Itemid=53
     

Melihat fenomena saat ini, timbul berbagai pemikiran dan pandangan tentang menentukan suatu masalah yang kadang-kadang tidak ada dasar hukumnya, baik secara individu maupun secara kolektif. Salah satu fenomena adalah saling bermusuhan atau saling menyerang antara satu pihak dengan pihak lain. Mereka lalai bahwa para As-salafus Shaleh (pendahulu) dan para imam dulu berada di atas puncak solidaritas dan kelapangan wawasan ilmu. Hal ini disebabkan sebagian kaum muslimin saat ini jauh dari Al-Qur'an dan As-Sunnah.
Mereka senantiasa bersikap fanatisme kepada pendapat, pakar, tokoh, firqoh, tradisi, kelompok, organisasi, golongan, suku, budaya atau menisbatkan diri kepada sebutan tertentu, misalnya, Islam moderat, Islam reaksioner, Islam ekstrim, Islam tengah, Islam kanan, Islam kiri dan sebutan lain sebagainya, yang menyebabkan timbulnya kebingungan, kekeliruan, penyimpangan, anarkis, kekesatan, kemaksiatan, usaha untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah, bahkan sampai terjerumus kesyirikan. Dari semua hal itu akan muncul keinginan hawa nafsu dan sikap egois (menang sendiri), sempit wawasan, hedonis dan apatis
Ketahuilah sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :
 "Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan.." (QS. Yusuf : 53) firman Allah Ta'ala yang lain :
"Kemudian kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan agama itu, maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui" (QS. Al-Jatsiyah : 18).

Mereka yang masuk dalam golongan yang fanatik mewajibkan kaum muslimin dengan sesuatu yang tidak lazim untuk berbuat taklid. Bahkan mereka mempengaruhi kaum muslimin dengan penyimpangan-penyimpangan yang lain, seperti dalam ucapan mereka, " wajib untuk taklid terhadap salah satu mazhab (pendapat), tidak boleh lebih dari itu." . Pendakwaan yang jelek seperti ini telah mereka suguhkan kepada mayoritas kaum muslimin sehingga menyebabkan persatuan kaum muslimin menjadi pecah, kekuatan mereka menjadi lemah sehingga mereka menjadi mangsa, seperti makanan di dalam talam. Ini semua dilarang oleh Islam karena termasuk perilaku yang tidak terpuji. Racun fanatisme dengan berbagai bentuk dan jenisnya, semua itu dimurkai oleh Allah Subhana wa Ta'ala.:
"Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agamanya dan mereka (terpecah ) menjadi beberapa golongan , tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadap mereka " (QS..Al-An'am : 159). Firman Allah Ta'ala yang lain :
 "Kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan, tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka " (QS. Ar-Rum :31-32).

Maka sudah saatnya kita kembali dan berkiblat kepada argumen yang Shahih dan benar. Segala perselisihan dan kefanatikan dikembalikan kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah jika kita benar-benar Beriman kepada Allah Subhanallah wa Ta'ala :
"Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (Sunnah), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya" (Qs. An-Nisa : 59).
Para ulama menuturkan , " Semua orang sepakat bahwa orang yang taklid tidaklah termasuk ahlul Ilmu (orang yang berilmu atau ulama), karena ilmu adalah mengenal kebenaran beserta dalil-dalilnya".
Kita tidak diperintahkan kecuali mengikuti Al-Qur'an yang diturunkan oleh Allah Subhanallah wa Ta'ala dan keterangan-keterangan Rasulullah Shallahu'alaihi wa salam dengan hadist-hadist shahih. Para Imam mazhab sendiri sangat berhati-hati dalam setiap mengambil keputusan untuk menetapkan suatu hukum. Mereka mempertimbangkan dari berbagai sisi dalil, namun demikian, mereka juga manusia biasa yang tak luput dari khilaf dan dosa. Karena tak semua ungkapan mereka dapat dijadikan sebagai rujukan.
Terkadang sifat fanatik terhadap mazhab tertentu membutakan logika kebenaran yang sudah jelas disebutkan dalam nash yang Shahih yang sudah jelas kebenarannya. Ini merupakan sikap yang kurang dewasa dalam memahami teks Al-Qur'an dan Hadist Nabi Shallahu ala'ihi wa sallam sebagi sumber yang harus dipegang. Kita hanya dibolehkan mengikuti suatu hukum, manakala yang disampaikan seirama dengan pesan Allah Ta'ala dan Rasul-Nya. Bahkan para imam sendiri mengingatkan kepada kaum muslimin dan para pengikutnya agar berhati-hati menggunakan pendapatnya sebelum mengetahui benar landasan yang di gunakan.
Berikut ini akan kita paparkan uraian penukilan yang disebutkan Syaikh Jamil Zainu tentang beberapa pendapat imam mazhab yang dapat menjelaskan kebenaran kepada kaum muslimin terutama kepada pengikut mereka :
1.      Pesan Imam ABU HANIFAH
Imam Abu Hanifah, ajaran-ajaran fiqihnya menjadi pijakan kebanyakan orang, berkata (Abu Hanifah):
Tidak diperbolehkan seseorang mengambil pendapat kami sebelum mengetahui dari mana kami mengambilnya.
Haram bagi yang tidak mengetahui dalil saya, kemudian memberi fatwa dengan kata-kata saya, karena saya adalah manusia biasa yang sekarang bicara sesuatu dan esok tidak bicara itu lagi.
Jika saya mengucapkan pendapat yang bertentangan dengan Al-Qur'an serta hadist Nabi Shallahu alaihi wa sallam, maka tinggalkanlah perkataan saya.

2.      Pesan Imam IMAM MALIK
Imam Malik, imam penduduk Madinah, berkata :
Sesungguhnya saya adalah manusia biasa, yang dapat salah dan dapat juga benar. maka perhatikan secara kritis pendapatku. Jika sesuai dengan kitab dan Sunnah ambillah, dan setiap pendapat yang tidak sesuai dengan kitab dan Sunnah tinggalkanlah.
Setiap orang sesudah Nabi dapat diambil ucapannya dan dapat pula ditinggalkan, kecuali, Nabi Muhammad Shallahu alaihi wa sallam.

3.      Pesan Imam SYAFI'I
Imam Syafi'I dari keluarga Ahli Bait, berkata :
Setiap orang ada yang pendapatnya sesuai dengan Sunnah Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam dan juga ada yang tidak sesuai. Jika saya berkata dengan suatu pendapat dari Rasullah tapi kenyataannya bertentangan dengan ucapa Rasullah Shallahu alaihi wa sallam , maka pendapat yang benar adalah ucapan Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam dan itulah pendapat saya.
Orang-orang Islam telah melakukan ijma' bahwa siapa saja yang jelas mempunyai dalil berupa Sunnah Rasulullah maka tidak dihalalkan bagi seorang meninggalkan karena ucapan orang lain.
Jika kamu mendapatkan hal-hal yang bertentangan dengan Sunnah Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam dalam buku saya, maka ikutilah ucapan Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam dan itulah pendapat saya juga.
 Jika suatu hadist itu Shahih maka itulah mazhab saya.
 Beliau berkata kepada Imam Ahmad bin Hambal, " anda lebih pandai dari saya tentang dan keadaan para periwayat hadits, jika anda tahu bahwa sesuatu hadist itu Shahih maka beritahukanlah kepada saya sehingga saya akan berpendapat dengan hadits itu ".
Setiap masalah , yang mempunyai dasar hadits Shahih menurut para ahli hadist dan bertentangan dengan pendapat saya, maka saya akan kembali pada hadits tersebut selama hidup atau sesudah mati.

4.      Pesan  Imam AHMAD BIN HAMBAL.
Imam Ahmad bin Hambal, Imam para pengikut ahli Sunnah, berkata :

 Jangan engkau bertaklid kepadaku atau Imam Syafi'I, Imam Auza'I atau Imam Ats-Tsaury tapi ambillah dari mana asal mereka mengambil.
Siapa saja menolak hadist Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam maka ia berada di tepi kehancuran. "Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (dari padanya)" Qs. Al-A'raf : 3.

Maka seorang Muslim yang mendengarkan hadits Shahih tidak diperbolehkan untuk menolaknya, karena hal ini bertentangan dengan mazhab tertentu yang dianutnya. Para Imam mazhab telah melakukan ijma' untuk mengambil hadits Shahih dan meninggalkan setiap pendapat yang bertentangan dengan Al-Qur'an dan Hadits shahih tersebut.[2]

Maraji'
Benarkah Cara Anda Bermazhab ?/ Muhammad Sulthan al-Ma'shumi al-Khujandi ; penerjemah, Abu Humaira ; Muraja'ah, Luqman Hakim, - Jakarta : Darul Haq, 2005.
SWARAQURAN, no.3, Thn. Ke-6 / Syaban 1427 H/ September 2006 M.